Senin, September 15, 2008

Menulis Buku Best Seller Untuk Orang Sibuk


Judul: Resep Cespleng Menulis Buku Best Seller
Penulis: Edy Zaqeus
Kata pengantar: Jennie S. Bev
Cetakan: 1&II, September 2005
Penerbit: Gradien Books
Jumlah halaman: 183 halaman

Ada dua tema besar dalam buku ini: bisakah orang sibuk menulis? Dan bagaimana menjadikan bukunya menjadi best seller? Biasanya orang sibuk sering menggerutu ingin menulis buku tapi tak bisa menyempatkannya. Mereka punya banyak ide tapi saat ingin dituangkan pikirannya menjadi macet.

Untuk itu penulis buku ini memberikan beberapa triknya, di antaranya berani menyempatkan waktu menulis berapa pun durasinya, merekam terlebih dahulu apa yang ingin ditulis, serta mulai menulis dari hal yang disukainya apa yang kita tulis.
Edy Zaqeus, penulis buku ini, membagi tiga tipe orang sibuk. Pertama, tipe orang yang benar-benar full time sibuk dengan pekerjaannya secara totalitas. Orang jenis ini hampir tak ada waktu longgar untuk urusan di luar pekerjaannya.

Kedua, tipe orang yang sibuk namun mempunyai sedikit waktu luang, yang biasanya (waktu tersebut) dihabiskan untuk rekreasi bersama keluarga atau menjalankan hobinya. Ketiga, tipe orang yang serupa dengan tipe kedua, namun perbedaannya orang ketiga ini tidak memanfaatkan waktu luangnya dengan kegiatan produktif (hlm. 38).

Namun sebetulnya, ujar penulis buku ini, sesibuk apa pun, semua orang bisa menulis karena semua itu tergantung tekad dan hasrat orang tersebut. Lantas, Edy pun membuktikannya dengan dua hal. Pertama, ia melihat dari sisi waktu yang digunakan orang sibuk mulai dari bangun tidur, berangkat kerja, hingga beranjak tidur kembali (hlm. 46). Ternyata, banyak waktu sebetulnya yang bisa digunakan untuk menulis.

Misalnya, saat berada di perjalanan menuju kantor atau menunggu makan siang. Apalagi waktu pada hari libur di akhir pekan (sabtu-minggu). Tentu, sangat bisa sekali.

Kedua, ia melihat pada orang-orang sibuk yang produktif menulis seperti Hari Subagya dan Anand Krishna. Hari Subagya adalah direktur perusahaan kosmetik. Setiap harinya dihabiskan di kantornya. Namun, ia bisa menyempatkan menulis yaitu pada pukul 2 dini hari setelah ia melakukan shalat tahajud. Hasilnya adalah dua buku larisnya yaitu Time to Change dan Success Proposal.

Sementara Anand Krishna—mantan pengusaha dan sekarang menggeluti meditasi dan pembicara yang banyak mendapatkan udangan—membiasakan menulis antara pukul 22.00 hingga larut malam, bahkan disambung pada pagi harinya. Hasilnya, sekitar 40 buku telah diterbitkan.

Adapun cara-cara agar menulis buku bisa lancar ialah bisa dengan teknik wawancara dan tanya jawab. Teknik wawancara, misalnya, bisa digunakan oleh kita terhadap para pengusaha sukses yang kita tulis percikan-percikan pendapatnya mengenai kesuksesannya. Hasil wawancara tersebut kita tulis dan kumpulkan, maka lama kelamaan akan terkumpul banyak dan bisa menjadi buku. Membuat buku pun bisa berbentuk tanya jawab, seperti halnya yang dilakukan oleh penulis buku ini yang berjudul Kalau Mau Kaya Ngapain Sekolah (2004). Dan hasilnya sungguh luar biasa. Buku tersebut mengalami 6 kali cetak ulang dalam 4 bulan pertama, dan hingga Pebruari 2005 mencapai 8 kali cetak ulang.

Buku ini sangat kaya dengan pengalaman penulis dalam dunia teks mulai dari hal-hal teknis seperti cara mendapatkan ide hingga bagaimana menawarkan ke penerbit. Setiap di akhir babnya terdapat tips-tips yang merupakan kesimpulan atau hal-hal penting dari bab tersebut. Sungguh, pembuatan tips di akhir setiap bab sangat membantu pembaca untuk mencerap setiap pesan yang disampaikan. Terutama, untuk mengingat kembali hasil bacaan kita jika kita lupa atau malas kembali membacanya.

Menurut saya, hasil racikan dari Edy Zaqeus ini sangat mujarab bagi para pesibuk yang ingin benar-benar bisa menulis, bahkan menjadi penulis best seller sekaligus.

3 komentar:

Edy Zaqeus mengatakan...

hai iqbal
Thanks komentarnya utk bukuku ya. kan bagusan dikomentari edisi revisinya, lebih komplet.
oh ya, met lebaran ya. sukses selalu.
~edy zaqeus

M.Iqbal Dawami mengatakan...

Terima kasih mas edy. sudah ada edisi revisinya ya? ok, saya tunggu kirimannya hehe...

tipsbisnisuang mengatakan...

mas iqbal,
saya baru mau nerbitin buku nih. baru pemula !
boleh ya di komentarin.Judulnya :berani utang pasti untung !
monggo silahkan mampir di blog saya.
salam kenal! terimakasih
budi herprasetyo