Senin, April 16, 2012

Meraih Sukses Sejati


Sindo, 15 April 2012
===============
Judul: 7 Hal Gratis yang Menentukan Kesuksesan Anda
Penulis: Peng Kheng Sun
Penerbit: Elex Media
Cetakan: I, Februari 2012
Tebal: ix +244 hlm.
===============

SIAPA yang tidak ingin sukses? Barangkali tidak ada. Semua orang sepakat bahwa manusia dalam hidupnya pasti ingin sukses. Pelbagai cara dilakukan. Dan terkadang kita masih di tempat yang sama seolah kesuksesan semakin dikejar semakin menjauh. Padahal tahukah anda bahwa Tuhan telah menyediakan sejumlah hal gratis yang sangat bernilai bagi setiap orang yang mau memanfaatkannya untuk mendapat kesuksesan tersebut. Setiap orang memiliki kapasitas untuk mendapatkan semua hal gratis tersebut.

Buku ini dapat membantu siapa saja yang ingin meraih kesuksesan dalam pelbagai bidang kehidupan dengan memanfaatkan semua hal gratis yang sudah tersedia. Karena bisa mendapatkan sesuatu secara gratis, kita jadi kurang menghargai apa saja yang bisa didapatkan secara gratis. Jarang sekali orang bersyukur bisa mendapatkan berbagai gratis yang lain. Ketujuh hal gratis yang dimaksud adalah: ide, kesempatan, cita-cita, rencana, semangat, mental, dan sahabat.

Meski ide merupakan hal yang sangat luar biasa, tapi ide itu merupakan hal yang gratis. Artinya, setiap orang sebenarnya bisa menghasilkan ide sebanyak-banyaknya sesuai dengan keinginannya. Namun ide baru tidak datang begitu saja. Setiap orang perlu berusaha untuk mendapatkannya. Ide baru yang bisa diwujudkan dengan baik ibarat mata uang yang membuat anda mempunyai nilai tambah dan "laku" di masyarakat. Contoh, Hong Kong tidak mempunyai tempat-tempat wisata alam seperti di Indonesia, tapi mengapa banyak turis mancanegara tertarik mengunjungi Hong Kong? Tidak lain karena penguasa Hong Kong mempunyai ide cemerlang dengan menawarkan wisata jenis lain, yakni wisata menikmati keindahan kota Hong Kong.

Tanpa ide seperti itu, Hong Kong jelas bukan tempat yang menarik untuk dikunjungi. Ini fakta bahwa ide sungguh mampu membuat hasil yang berbeda. Sebaliknya, banyak daerah di Indonesia yang sudah mempunyai tempat wisata alam yang indah dan menarik, tapi karena Pemda setempat tidak mempunyai ide untuk memanfaatkannya secara maksimal, maka tidak menjadi tempat pariwisata yang menarik dan ramai dikunjungi orang. Jika anda hanya mengandalkan ide-ide lama yang sudah usang, tentu hasil yang akan anda lakukan dapatkan juga tidak maksimal. Ide-ide yang tidak ditindaklanjuti tidak ada manfaatnya betapapun bagusnya ide tersebut. Ide baru yang tidak pernah ditindaklanjuti sa,a saja dengan tidak mempunyai ide.

Ide adalah sesuatu yang dahsyat, bernilai dan sekaligus menemukan kesuksesan anda. Bahkan semua produk yang kita nikmati sekarang berawal dari ide-ide cemerlang. Ide juga mampu menjadi tambang emas bila anda mampu menggunakannya dengan baik. Bermodal ide membuat pencarian lebih mudah, Google menjadi raksasa internet. Keinginannya untuk menghubungkan orang lain membuat Mark Zuckerberg menjadi sosok termuda yang menjadi miliarder dalam sejarah. Ide jua yang membuat Hendy Setiono mengekspor kebabnya hingga ke luar negeri.

Penulis buku ini memberikan cara mendapatkan ide cemerlang yang menuntun pada kesuksesan tersebut, yaitu melalui pengamatan, menyimak, meniru dan memodifikasi ide orang lain, bermain, membaca dan menulis.

Kesempatan juga gratis. Namun anda perlu usaha dan mungkin juga biaya untuk mengolah kesempatan agar bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Anda akan menuai hasil yang besar dan memuaskan jika berhasil mengolah kesempatan menjadi nyata. Dengan demikian, keuntungan anda akan menjadi berkali lipat. Kesempatan tidak kasatmata, maka sering anda tidak menyadari kehadirannya.

Karena itu, banyak orang jarang berlatih mengenali berbagai kesempatan yang sebenarnya sangat dekat dengannya. Kesempatan yang sebenarnya bisa didapatkan secara gratis tapi justru sering disia-siakan. Kita sering melewatkan kesempatan-kesempatan emas dalam hidup yang singkat ini sampai semuanya menjadi sangat terlambat. Benarlah pepatah yang mengatakan bahwa, "Penyesalan selalu datang terlambat". Penyesalan terjadi manakala orang gagal memanfaatkan kesempatan.

Cara mendapatkan kesempatan di antaranya: mulailah memanfaatkan kesempatan kecil, lakukan perbaikan-perbaikan kecil, menjadi pengamat yang terlatih, berinisiatif, dan memiliki kebiasaan yang baik. Jika Anda adalah seorang Penggemar permainan catur, anda mungkin mengenal nama Jose Raol Capablanca. Mantan juara dunia catur asal Kuba ini diakui oleh dunia catur sebagai salah satu pemain catur terkuat yang pernah ada. Salah satu kekuatannya terletak pada kemampuannya memanfaatkan kombinasi-kombinasi kecil untuk meruntuhkan pertahanan lawan. Cara inilah yang membuat Capablanca selalu mendapat kesempatan untuk mengalahkan lawan-lawannya dengan mengesankan.

Kesempatan-kesempatan kecil sangat mudah anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, jika anda ingin mendapatkan banyak kesempatan bagus, mulailah dari memanfaatkan kesempatan-kesempatan kecil dulu. Cita-cita dan semangat juga gratis. Dalam bidang apa pun, cita-cita akan memberikan semangat yang menyala-nyala kepada pemiliknya. Inilah yang menyebabkan orang yang memiliki cita-cita biasanya juga sekaligus memiliki semangat yang tinggi untuk mencapainya. Itu merupakan modal besar membuat mereka meraih kesuksesan.

Peng Kheng Sun, penulis buku ini, pernah bekerja sebagai analis kredit, dosen, pedagang buku, staf administrasi, penulis, dan sebagainya. Setidaknya ada sekitar sepuluh macam pekerjaan yang pernah dilakukannya. Namun dia selalu bisa menemukan cara untuk mencintai pekerjaan-pekerjaannya selama pekerjaan tersebut tidak bertentangan dengan hati nuraninya. karena itu, dia selalu bisa bekerja dengan semangat tinggi.

Penulis buku ini berpesan bahwa apa pun pekerjaan anda, selalu ada sisi menarik dan menyenangkan. Dengan kata lain, jika mau berusaha, anda juga pasti bisa menemukan cara untuk mencintai pekerjaan anda. Jika tetap tidak bisa, carilah pekerjaan yang benar-benar anda senangi sehingga anda bersemangat tinggi mengerjakannya.

Sahabat juga hal gratis. Dengan sahabat segala sesuatunya akan terasa mudah dan bias saling membantu kesuksesan kita. Bunda Teresa mengatakan: anda dapat melakukan apa yang tidak dapat saya lakukan. Saya dapat melakukan apa yang tidak dapat anda lakukan. Bersama-sama kita dapat melakukan perkara-perkara besar. Meski begitu tidak mudah sesungguhnya untuk menjalin persahabatan. Hal ini digambarkan dalam aforisme yang terkenal: persahabatan sejati adalah persahabatan yang telah teruji oleh waktu dan berbagai kondisi.

Buku ini sangat layak dibaca bagi siapa saja yang mau belajar meraih kesuksesan, bukan hanya lantaran diambil dari pengalaman orang-orang suskes, tetapi juga disaripatikan dari kehidupan si penulisnya sendiri. Inilah yang menjadi kekuatan emas buku ini.[]

M. Iqbal Dawami
Esais, tinggal di Pati.

1 komentar:

Toko Buku Online mengatakan...

Toko Buku Online Terlengkap & Terpercaya - GarisBuku.com